Home » Artikel » Arsitektur Perancis

Arsitektur Perancis

Nov
14
2017
by : admin . Posted in : Artikel
Arsitektur Perancis

Arsitektur Perancis

Arsitektur Perancis adalah sebutan bagi gaya arsitektur yang ada di Perancis. Secara teknis tidak ada arsitektur perancis, walaupun nama yang lain dari arsitektur Gothic adalah Arsitektur Perancis. Arsitektur Gothic lahir atau pertama kali muncul di perancis, karena itulah sebagian besar bangunan-bangunan di perancis bergaya Gothic

Di Perancis arsitektur gothic banyak dijumpai pada bangunan kastil, gereja dan katedral. . Perancis Utara adalah rumah bagi beberapa katedral dan basilika Gothic terpenting, yang pertama adalah Basilika Saint Denis (digunakan sebagai nekropolis kerajaan); katedral Gothic Perancis penting lainnya adalah Notre-Dame de Chartres dan Notre-Dame d’Amiens. Raja dimahkotai di gereja Gothic penting lainnya: Notre-Dame de Reims. Selain gereja, Arsitektur Gothic telah digunakan di banyak istana religius, yang terpenting adalah Palais des Papes di Avignon.
Sebelum mengenal arsitektur Gothic, Arsitektur  Perancis banyak di dominasi Arsitektur Romawi seperti kebanyakan di daratan eropa. ). Beberapa contoh gereja Romawi di Perancis adalah Basilika Saint Sernin di Toulouse dan reruntuhan Biara Cluny (hancur semasa Revolusi dan Perang Napoleon).
Sebelum pemunculan arsitektur ini, Perancis telah menggunakan Arsitektur Romawi seperti sebagian Eropa Barat (dengan pengecualian Semenanjung Iberia, yang menggunakan arsitektur Moor). Beberapa contoh hebat gereja Romawi di Perancis adalah Basilika Saint Sernin di Toulouse dan reruntuhan Biara Cluny (hancur semasa Revolusi dan Perang Napoleon).

Setelah revolusi Industri di Perancis, banyak bangunan yang mulai berubah gaya menjadi  Neoklasikisme, bangunan bangunan tersebut berdiri megah seakan menetang dan memberontak dari gaya sebelumnya, diantara bangunan tersebut adalah Pantheon Paris atau capitol de Toulouse dan Sainte Marie-Madeleine yang dibangun selama kekaisaran Perancis Arc de Triomphe.

Pada Abad Ke-19 Gustave Eiffel merancang banyak jembatan, dan menjadi salah satu perancang jembatan yang paling berpengaruh pada masa itu, tetapi karya yang paling fenomenal dan menjadi terkenal sampai sekarang adalah menara Eiffel.

Pada abad ke-20 mulai muncul arsitektur modern, Arsitektur  Perancis juga terkena imbasnya, Arsitek Le Corbusier merancang beberapa bangunan di Perancis, salah satunya yang terkenal adalah piramida de Louvre, Piramida tersebut terbuat dari kaca dan besi sebagai strukturnya, salah satu cirri dari arsitektur modern adalah sebagian besar materialnya terbuat dari bahan fabrikasi seperti kaca,baja, stainless dan sebagainya. Piramida de Louvre ini sangat unik, dibawahnya terdapat ruangan yang digunakan sebagai museum.

Inilah Perjalanan singkat arsitektur di perancis, jadi Dari waktu ke waktu arsitektur perancis dipengaruhi beberapa gaya arsitektur.

Be Sociable, Share!

Mau berlangganan artikel ? masukan nama dan email anda

Leave a Reply

RUMAHKUHIJAU ARSITEK
RUKO GRAND CENTRAL BTP TAMALANREA. BLOK M, NO B4 MAKASSAR
Phone 081325055687 & 081524501518
Copyright © 2012