Home » Artikel » Arsitektur Informasi

Arsitektur Informasi

Nov
20
2017
by : admin . Posted in : Artikel
Arsitektur Informasi

Arsitektur Informasi

Arsitektur Informasi adalah seni untuk mengungkapkan model atau konsep informasi yang digunakan dalam kegiatan yang memerlukan rincian eksplisit sistem yang kompleks. Diantara kegiatan ini adalah perpustakaan sistem, Sistem Manajemen Konten, pengembangan web, interaksi pengguna, pengembangan database, pemrograman, menulis teknis, arsitektur enterprise, dan desain sistem perangkat lunak kritis

Arsitektur Informasi berkembang sejak abad 21, sejak berkembangnya internet, arsitektur informasi juga mengalami perkembangan yang cukup pesat. Arsitektur informasi biasanya berupa World Wide Web atau sebuah situs website yang didalamnya berisi sejumlah informasi arsitektur yang penting sekali. Seperti website yang anda kunjungi sekarang ini

Jika anda ingin membuat sebuah website yang berisi tentang arsitektur informasi, maka hal-hal yang harus dipertimbangkan adalah tetapkan tujuan yang jelas. Arsitektur informasi harus mempunyai tujuan dan konteks yang jelas, ini akan mempermudah anda untuk membangun dan mengembangkannya dan juga memudahkan untuk mengklasifikasinya.

Mempertimbangkan dengan baik sebuah tema atau judul yang diangkat merupakan pilihan yang sangat tepat, sebaiknya didalam membangun sebuah Arsitektur Informasi dikategorikan dalam beberbagai penekanan, misalnya dalam kategori material, green building, teknologi yang terbaru dan lain sebagainya. Mencoba melihat dari berbagai sudut pandang seperti melihat dari sudut pandang pengguna merupakan langkah obyektif, sehingga keinginan dan harapan user untuk mencari Arsitektur informasi dapat diakomodasi dengan baik.

Jangan merubah di tengah jalan rencana yang telah matang disusun, karena pasti semuanya tidak terprediksi dan pasti akan berantakan. Seperti seorang arsitek yang menyusun gambar kerja dan master plan, jika sudah matang dan siap dikerjakan jangan merubah gambar ataupun masterplan tersebut karena pasti akan mengalami masalah nantinya, kecuali jika ditengah proses pengerjaan ada perubahan rencana karena menyesuaikan kondisi dilapangan/ di proyek.

Dalam konteks desain sistem informasi, Arsitektur Informasi mengacu pada analisis dan desain dari data yang disimpan oleh sistem informasi, berkonsentrasi pada entitas, atribut mereka, dan hubungan mereka. Hal ini mengacu pada pemodelan data untuk database individu dan untuk model data perusahaan perusahaan menggunakan untuk mengkoordinasikan definisi data di beberapa (mungkin nilai atau ratusan) dari database yang berbeda. Para “kanonik model data” diterapkan untuk teknologi integrasi sebagai definisi untuk data spesifik yang melewati antara sistem perusahaan. Pada tingkat lebih tinggi dari abstraksi juga dapat merujuk pada definisi menyimpan data.

Be Sociable, Share!

Mau berlangganan artikel ? masukan nama dan email anda

Leave a Reply

RUMAHKUHIJAU ARSITEK
RUKO GRAND CENTRAL BTP TAMALANREA. BLOK M, NO B4 MAKASSAR
Phone 081325055687 & 081524501518
Copyright © 2012